Senin, 29 Juni 2009

Jelang Kedatangan MU ,Rumput Gelora Bung Karno Aman


Pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak melarang massa pendukung capres dan cawapres menggunakan lapangan sepakbola saat kampanye. Mereka optimistis hal ini tidak akan mengganggu pertandingan antara Manchester United vs Indonesia All Star, 20 Juli 2009.

Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha Gelora Bung Karno, Mahfudin Nigara, mengatakan, ketiga pasangan capres dan cawapres sudah memastikan diri akan menggelar kampanye di SUGBK. Ketiganya juga diperkenankan untuk menggunakan lapangan rumput yang ada di dalam SUGBK.

"Kami tidak melarang peserta kampanye menggunakan lapangan SUGBK. Kerusakan yang terjadi akibat kampanye akan diganti sesuai dengan tingkat kerusakannya," kata Mafudin kepada wartawan, di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Juni 2009.

Pasangan Megawati Soekarno Putri-Prabowo Subianto akan menggelar kampanye, Selasa, 30 Juni 2009. Selanjutnya diikuti oleh pasangan Jusuf Kalla-Wiranto, 2 Juli 2009. Sedangkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono mendapat giliran pada 4 Juli 2009.

Menurut Mafudin, ketiga pasangan capres-cawapres akan dikenakan uang jaminan Rp 150 juta. Selain itu pihak pengelola juga akan berusaha maksimal untuk mengurangi kerusakan yang timbul akibat kegiatan yang digelar di atas lapangan rumput.

"Kami yakin semua pihak memahami posis masing-masing dan bisa mengantisipasi kerusakan yang kerusakan yang terjadi pada lapangan rumput," kata Mafudin.

Selama kampanye, pengelola tidak akan mengenakan grass cover. Pasalnya, alat yang berguna untuk melapisi rumput saat digelar kegiatan non sepakbola pada sebuah stadion masih belum masuk dalam prioritas pertama bagi pengelola.

"Kami sudah melihat beberap grass cover yang cocok untuk GBK. Namun untuk saat ini alat itu belum masuk dalam prioritas kami. Harganya juga masih cukup mahal, sekitar Rp 9,8 miliar," lanjut Nigara.

Meski demikian, Nigara optimistis kegiatan kampanye tidak akan mengganggu duel Manchester United Vs Indonesia All Star, 20 Juli 2009. Pasalnya, pihaknya telah menemukan teknologi yang mampu memperbaiki kerusakan rumput yang mungkin terjadi paska kampanye.

Ditanya mengenai teknologi yang digunakan, Nigara mengatakan masih rahasia. Dia hanya menantang wartawan untuk meninjau langsung lapangan rumput SUGBK, 5 Juli 2009, pukul 12.00 WIB. "Ini sebenarnya bukan teknologi baru. Namun untuk di SUGBK ini baru pertama kali kami lakukan. Seperti apa, itu masih rahasia."

"Insya Allah, kegiatan kampanye nanti tidak akan mengganggu pertandingan Manchester United vs Indonesia All Star. Nanti Anda lihat sendiri seperti apa kondisi rumput, pada 5 Juli 2009," tandas Nigara.• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar