Rabu, 17 Juni 2009

Hadapi Persipura , Deltras Hanya Berusaha Mencetak Gol

Hanya Berusaha Mencetak Gol

Delta Putra Sidoarjo (Deltras) bakal menemui lawan tangguh pada babak semifinal Copa Indonesia IV. Tim racikan Muhamad Zein "Mamak" Alhadad itu bakal bersua Persipura Jayapura yang notebene merupakan juara Djarum Indonesia Super League (DISL) 2008/2009.

Laga pertama dihelat di kandang Persipura, Stadion Mandala, Jayapura, besok (19/6). Deltras berusaha realistis. Alasannya, Persipura sangat tangguh saat bermain di kandang. "Bagi kami, hasil seri merupakan hal yang sangat luar biasa. Sebab, tim-tim lain sangat kewalahan saat bertanding di kandang Persipura," kata Mamak kemarin (17/6).

Kandang Persipura memang sangat angker. Di antara 17 laga DISL 2008/2009, tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut belum pernah kalah. Rinciannya, 16 kali menang dan sekali seri. Wajar, jika Deltras tak mematok target muluk-muluk pada laga itu. Apalagi, mereka tidak akan tampil komplet. Tiga pilarnya, Christian Rene Martines, Firdaus Nyong, Muhamad Khusen, dan Hermawan, harus absen karena alasan berbeda.

Dengan kondisi compang-camping itu, Mamak hanya berharap anak asuhnya mampu menahan gempuran para tukang gedor Persipura. "Kalau memang harus kalah, saya berharap anak-anak tidak menelan kekalahan dengan banyak gol. Sebab, kami masih harus melakoni laga second leg di Sidoarjo," terang mantan pelatih Persebaya Surabaya dan Persijatim Solo FC tersebut.

Pada pertemuan terakhir 11 Mei 2009, Deltras digelontor Persipura dua gol tanpa balas di ajang DISL 2008/2009. Saat itu, dua gol Persipura dijaringkan Boaz Solossa dan Alberto "Beto" Goncalves. "Pemain lain juga harus diwasapadai. Sebab, komposisi pemain Persipura sangat merata. Jika penyerang tidak mencetak gol, gelandang juga bisa mencetak gol. Itu yang harus diwaspadai," papar Mamak.

Selain menghadapi keangkeran kandang Persipura, Deltras harus meredam semangat berlipat para penggawa Mutiara Hitam -julukan Persipura. Semangat tersebut adalah keinginan untuk mengawinkan gelar juara DISL 2008/2009 dan Copa Indonesia. Apalagi, Persipura belum pernah menjuarai Copa Indonesia. Selain itu, Persipura bakal kembali diperkuat Beto yang sebelumnya absen karena sakit.

"Saya akan menginstruksikan anak-anak agar mengorganisasi pertahanan. Kami tak boleh terlalu ambisius. Sebab, hal tersebut bisa menjadi petaka. Yang terpenting adalah bisa memperkuat pertahanan dan memanfaatkan kesempatan mencetak gol," jelas Mamak.

Selain berusaha tidak kalah banyak, mencetak gol di kandang Persipura bakal menguntungkan Deltras. Jika skenario itu terwujud, beban Deltras pada pertai kedua saat menjadi tuan rumah lebih ringan. Deltras tentu menggantungkan harapan supaya bisa berprestasi di Copa Indonesia. Hal tersebut akan menjadi penawar luka. Tim titisan Gelora Putra Delta (GPD) itu terdegradasi ke Divisi Utama musim mendatang.

"Makanya, kami harus bisa memaksimalkan peluang mencetak gol yang ada. Hanya, kami tetap tak boleh grusa-grusu dan terlalu terfokus dengan hal tersebut. Sebab, fokus kami berada di pertahanan," kata pria yang pernah mengarsiteki Persim Maros tersebut. [ru/diq/jawapos]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar