Jumat, 19 Juni 2009

Tekuk Deltras, Persipura Tatap Final

Tekuk Deltras, Persipura Tatap Final
Persipura berhasil merebut leg pertama babak semifinal Copa Indonesia 2008/2009 dengan mengalahkan Deltras 3-1 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat, 19 Juni 2009. Hasil ini membuat langkah Mutiara Hitam menuju final semakin terbuka.

Pada pertandingan yang disiarkan langsung oleh tvone ini, Persipura yang baru saja dinobatkan sebagai juara Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 sudah unggul atas tamunya pada menit ke-6 lewat gol yang dicetak oleh Boaz Solossa.

Umpan crossing Ernest Jeremiah dari sisi kiri pertahanan lawan berhasil disempurnakan lewat sebuah tendangan first time kaki kanan Boaz. Bola yang meluncur deras ke sisi kanan gagal dibendung penjaga gawang Deltras, Syaifudin.

Skor 1-0 ini tak bertahan lama. Sebab, Boaz kembali menjebol gawang The Lobster pada menit ke-9. Kali ini Boaz mengecoh Syaifudin dari titik putih penalti setelah sebelumnya pemain Deltras, Firmansyah melakukan handsball di kotak terlarang.

Sayang, keunggulan 2-0 membuat barisan pertahanan Persipura lengah. Akibatnya, Junior yang lepas dari pengawalan mampu menyempurnakan umpan tendangan bebas Firmansyah lewat sebuah tandukan yang menjebol gawang Jandry Pitoi di menit ke-12.

Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah Persipura.

Gol balasan ini cukup mengagetkan Persipura. Akibatnya, beberapa kali pemain belakang Mutiara Hitam melakukan kesalahan yang menyebabkan penyerang Deltras mampu menusuk hingga ke jantung pertahanan mereka.

Beruntung, tak satu pun peluang emas yang dimiliki The Lobster berbuah gol. Tendangan Danilo beberapa menit setelah gol balasan hanya mampu melebar di sisi kanan gawang Jandry.

Tekanan Deltras tak berlangsung lama. Pasalnya, Persipura kembali menemukan ritme permainannya dan berbalik mengurung pertahanan Deltras. Sayang hingga pluit babak pertama ditiup, skor tak berubah 2-1 untuk Persipura.

Babak kedua
Memasuki babak kedua, Persipura kembali mengepung pertahanan Deltras. Hasilnya, jawara Liga Super Indonesia 2008/2009 itu kembali menambah gol pada menit ke-52 lewat tandukan Alberto Beto Goncalves.

Memanfaatkan tendangan bebas, Eduard Ivakdalam mampu memberikan umpan terukur kepada Beto yang berada di depan gawang Deltras. Lewat sebuah tandukan keras, Beto sukses mencetak gol ketiga bagi Persipura.

Unggul 3-1 tak membuat Persipura mengendurkan serangannya. Tak ingin mengalami kendala di leg kedua nanti, Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago tetap menginstruksikan pemainnya untuk menyerang.

Namun sulit bagi Boaz cs untuk mencetak gol tambahan. Pasalnya, pemain-pemain Deltras yang tak ingin gawangnya kebobolan lagi, memilih untuk berkonsentrasi di lini belakang.

Tak kehabisan akal, penyerang-penyerang Persipura memilih untuk melancarkan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun aksi ini belum membuahkan hasil karena kerap membentur pemain lawan.

Meski tertekan sepanjang babak kedua, The Lobster bukan tanpa peluang emas. Pada menit ke-66 Gustavo Chena berhasil melepaskan umpan ke Junior yang berdiri bebas di depan gawang Persipura.

Sayang, Junior terlalu terburu-buru. Tanpa mengontrol bola, dia langsung melepaskan tandukan ke arah gawang Persipura. Tanpa menemui kendala berarti, Jandri sukses menjinakkan bola tersebut.

Persipura mencoba memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk menambah gol. Namun hingga pertandingan usai, skor tak berubah 3-1 untuk Persipura. [marco tampubolon/vivanews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar