Sabtu, 27 Juni 2009

Kuota Terbentur Kapasitas Tribun


BADAN Liga Sepak Bola Indonesia (BLI) sebenarnya tidak memberikan batasan kuota bagi suporter di laga playoff nanti. Persebaya Surabaya dan PSMS Medan boleh mengerahkan suporter dalam partai playoff di Stadion Siliwangi, Bandung. Suporter Persebaya diberi hak menempati tribun sisi utara. Pendukung PSMS disediakan tempat di tribun selatan.

"Karena tiket yang kami cetak hanya 13 ribu dan mempertimbangkan kapasitas tribun, kedua suporter kebagian sekitar enam ribu tiket," kata Kokoh Afiat, direktur umum BLI.

Namun, BLI bakal mempertimbangkan kondisi di lapangan pada 30 Juni nanti. Jika ternyata suporter Persebaya lebih banyak, mereka akan diberi ruang lebih daripada pendukung PSMS. Demikian juga sebaliknya.

Meski BLI memberikan kelonggaran, tampaknya jumlah suporter kedua tim diperkirakan tidak sampai sepuluh ribu. Perkiraan itu didasarkan pada keterangan dari suporter kedua tim.

Bonekmania (pendukung Persebaya), misalnya. Mereka menyebut bahwa jumlah suporter yang berangkat ke Bandung secara terkoordinasi tidak lebih dari dua ribu orang. "Berdasar data yang kami dapat saat ini, jumlah suporter kami yang berangkat sekitar 1.500. Kami akan berangkat ke Bandung Senin nanti (29/6)," terang Nur Hasim, pentolan Bonekmania.

Hasim mengatakan, jumlah tersebut bisa bertambah. Hal itu mengingat kebiasaan suporter Persebaya selama ini. Yakni, jumlah suporter yang tidak terkoordinasi dalam setiap lawatan Persebaya selalu banyak. Bahkan, jumlahnya sering lebih banyak daripada yang terkoordinasi. "Tidak menutup kemungkinan suporter Persebaya di Bandung nanti mencapai lima ribuan," sebut Hasim.

Dari kubu pendukung PSMS, suporter PSMS yang terdaftar dalam tur ke Bandung baru 600 orang. "Kami akan berangkat bersama-sama dari Jakarta. Jumlahnya hanya 600 orang karena pertandingan berlangsung di hari kerja," tutur Tonny Nainggolan, ketua Kampak FC, salah satu wadah suporter PSMS. (fim/bas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar