Rabu, 24 Juni 2009

Komdis Hukum 11 Punggawa Maung Bandung

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan hukuman kepada 11 pemain Persib. Mereka dianggap melakukan tindakan tidak sportif saat membela timnya di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009.

Menurut Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan, ke-11 pemain tersebut terlibat aksi mogok bertanding saat Persib berhadapan dengan Persitara, awal Juni lalu. Duel ini akhirnya dimenangkan Persitara dengan skor 4-1.

"Mereka mengaku melakukan mogok atas inisiatif sendiri. Mereka juga mengaku menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi," kata Hinca kepada wartawan usai sidang di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2009.

Aksi yang dilakukan oleh ke-11 punggawa Persib ini sebenarnya tergolong tindakan yang sangat tercela dalam sepakbola. Namun karena mereka mengakui dan menyesali perbuatannya, maka Komdis hanya skorsing untuk satu kali pertandingan.

"Dalam persidangan mereka sangat kooperatif dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersbut. Karena itu, mereka kami ganjar dengan sanksi ringan skorsing satu pertandingan," lanjut Hinca.

Kesebelas pemain Persib yang mendapat hukuman Komdis adalah Tema Mursadat, Nyeck Nyobe, Suswanto, Gilang Angga Kusuma, Maman Abdurrahman, Harry Salisbury, Waluyo, Hilton Moreira, Hariono, Christian Gonzales dan Rafael Bastos.

Tak hanya pemain Persib yang dipanggil Komdis. Pelatih Jaya Hartono dan asisten pelatih Roby Darwis juga hadir di persidangan. Keduanya ikut memberikan keterangan terkait kasus pemogokan tersebut, meski tak ada sanski apapun dikenakan pada mereka.

"Tidak ada instruksi ofisial dan pelatih dalam kejadian ini. Ini murni inisiatif pemain. Pelatih sendiri mengaku bingung dengan tindakan para pemainnya di lapangan," kata Hinca.

Meski menerima hukuman yang dijatuhkan Komdis, pemain - pemain Persib mengaku punya alasan atas aksi mogok tersebut. "Kami memang sengaja membiarkan gol keempat terjadi. Namun itu terjadi karena protes kami tidak ditanggapi," kata Maman Abdurahman kepada wartawan.• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar