Senin, 22 Juni 2009

Kosin Ingin Kembali ke Persib

Kosin Ingin Kembali ke Persib
Mantan penjaga gawang Persib asal Thailand, Kosin Hathairattanakool, menyatakan diri siap kembali berkostum Persib musim depan. Kiper kelahiran 23 Maret 1982 ini menyatakan hasratnya itu kepada Hasan Saputra, pemilik klub Saint Prima Bandung, yang sudah bertahun-tahun bekerja sama dengan timnas Thailand.

Menurut Hasan, secara langsung kiper Chonburi ini telah menyatakan diri siap mengawal gawang Maung Bandung jika manajemen ingin memakai skill dirinya.
"Kosin merupakan salah satu pemain yang sangat ingin bermain kembali di Persib musim depan. Dia menyatakan siap ke Bandung jika Persib benar-benar menginginkannya," kata Hasan, Sabtu (20/6).

Menurut Hasan, kiper utama timnas Thailand ini ingin kembali berkiprah di Indonesia karena atmosfer sepak bola di Indonesia, khususnya Bandung, sangat menantang baginya. Apalagi dukungan bobotoh kepada Persib dan dirinya sangat luar biasa.
Di luar wajahnya yang tampan, Kosin menjadi idola bobotoh karena dianggap sebagai pemain yang paling konsisten. Bahkan, prestasi yang gemilang membuatnya terpilih menjadi pemain asing favorit pada Perang Bintang 2006 sebagai perwakilan Wilayah Barat.

Hingga akhir musim kompetisi, kiper bernomor punggung 18 ini hanya kebobolan 12 gol dari 33 pertandingannya di Divisi Utama LI XII dan Copa Indonesia 2006.
Penjaga gawang dengan ciri khas rambut panjang dihiasi ikat kepala putih ini memiliki catatan sejarah baik di timnas Thailand. Ia memperkuat timnas Thailand ketika merebut medali emas di SEA Games 2003 Vietnam.

Pada 2004, Kosin juga menjadi penjaga gawang utama, tepatnya pada putaran final Piala Asia 2004 di Cina dan ajang Piala Tiger 2004.

Hasan mengatakan, Kosin merupakan satu dari delapan pemain timnas Thailand yang akan ia bawa ke Indonesia. Kedelapan pemain asal Negeri Gajah Putih itu akan ia tawarkan kepada Persib sebagai pemain asing Asia musim depan.

Pada musim depan, BLI kemungkinan besar akan membuat regulasi baru soal jumlah pemain asing. Setiap klub dibolehkan menggunakan lima pemain asing dengan catatan dua di antaranya harus dari Asia.

Kedelapan pemain yang akan diajukan Hasan kepada Badan Pengelola Persib adalah Kosin (kiper), Datajorn Thonglao (gelandang, kapten timnas Thailand), Nataporn Phanrit (belakang), Suchao Nuthum (belakang), Terratep Winothai (tengah), Sutte Suksomkit (striker), Teerasil Dangda (striker), dan Ronnachai Rangsiyo (striker).

"Itu semua tergantung manajemen Persib nantinya. Jika tertarik, akan kami akomodir, tapi kalau tidak, akan ditawarkan ke tim lain di Indonesia," tegas Hasan. [tor/tribun jabar]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar