Jumat, 12 Juni 2009

SFC Dan Persipura Berpeluang Juara Copa

Copa Indonesia : Ilustrasi pertandingan Copa Indonesia, Persija Jakarta vs Pelita jaya Purwakata. (GOAL.com/Riso)
Oleh Yuslan Kisra

Copa Indonesia 2008/09 memasuki duel penentuan karena tim-tim yang masih bertahan di babak delapan besar akan mengadu nasib di pertandingan kedua. Mereka siap berjibaku untuk memperebutkan selembar tiket ke semi-final turnamen bergengsi ini.

Tak mudah meraba peluang masing-masing tim kecuali juara bertahan SFC dan runner-up Persipura Jayapura yang diprediksi bakal melenggang mudah ke empat besar. Sulit bagi Persibo Bojonegoro untuk mengejar ketinggalan gol dari SFC setelah kalah 5-0 pada leg pertama di Palembang beberapa waktu lalu.

Satu-satunya tim divisi utama yang masih bertahan di babak delapan besar ini butuh kemenangan dengan skor minimal 6-0 di laga kedua, jika ingin membuat kejutan menyingkirkan tim papan atas Superliga, sekaligus juara bertahan ajang ini.

Repotnya, karena laga kedua nanti terpaksa digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (15/6). Itu karena, Persibo tidak mendapat izin dari aparat keamanan untuk menggelar laga di kandangnya, sehingga pertandingan harus dipindahkan ke Malang.

“Kami tak bisa meremehkan mereka. Persibo bakal tampil tanpa beban. Saya tak ingin berspekulasi karena target kami adalah mempertahankan gelar,” ungkap Rahmad Darmawan, pelatih SFC, dikutip dari rilis departemen media Copa Dji Sam Soe yang diterima GOAL.com beberapa saat lalu..

Peluang cukup besar juga dimiliki Persipura. Tim Mutiara Hitam sudah mengantongi kemenangan 2-0 saat menjamu PSMS Medan di Stadion Mandala, Senin (15/6). Mereka hanya butuh hasil imbang untuk melenggang ke semi-final, atau pun kalah tidak lebih dari dua gol. Bukan perkara sulit bagi Persipura untuk memenuhi target. Sebaliknya, PSMS harus menang minimal 3-0 bila ingin lolos.

Hanya tak mudah meraih kemenangan di Papua. Pada pertemuan pekan lalu di kompetisi reguler, PSMS dipaksa menyerah 1-0. Persipura yang tengah mencapai performa terbaik tampaknya sulit dibendung. Apalagi, mereka berambisi memburu doubel winners musim ini setelah menjuarai Superliga.

“Sukses Sriwijaya FC musim lalu menginspirasi kami untuk melakukan hal yang sama. Menghadapi PSMS, semua pemain dalam kondisi fit dan siap bertarung. Meski sudah unggul 2-0, kami harus waspada. Tak mudah mengalahkan PSMS,” aku pelatih Persipura Jacksen F Tiago.

Persija Jakarta yang sesungguhnya menjadi salah satu favorit juara tampaknya diragukan bisa lolos. Kekalahan 1-0 dari Deltras Sidoarjo pada laga pertama membuat peluang mereka sedikit menipis. Mereka harus menang minimal dua gol pada laga kedua di kandang Deltras di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (14/6).

Barangkali yang menjadi keuntungan Persija tak lain karena pertandingan itu digelar tanpa penonton. Mereka bisa memanfaatkan keuntungan tersebut untuk membalikkan keadaan, sekaligus merebut tiket babak semi-final yang sudah dalam genggaman Deltras

Jadwal Pertandingan Leg Kedua

Sabtu (13/6)
Persijap-Persitara

Minggu (14/6)
Deltras-Persija

Senin (15/6)
Persipura-PSMS

Senin (15/6)
Persibo-Sriwijaya FC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar