Minggu, 31 Mei 2009

Persipura Harus Melepas Dua Pemain Asingnya

Alberto Goncalves - Pemain Persipura Jayapura ( GOAL.com / Dhedhe D.)
Banyaknya masukan dari masyarakat agar skuad Persipura tetap dipertahankan pihak manajamen pada kompetisi mendatang, nampaknya sulit diwujudkan. Pasalnya sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Asian football Convederation (AFC), per 1 Juli mendatang, kompetisi sepak bola di negara-negara Asia, hanya diperbolehkan menggunakan 5 pemain asing, di mana 2 pemain asing dari negara di Asia, sedangkan tiganya bebas dari negara Eropa, Afrika dan Amerika Latin.
Direktur Bidang Kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI), Joko Driyono saat dikonfirmasi seputar hal tersebut mengakui bahwa keputusan ini dipastikan akan dijalankan pada musim depan. Karena itu, pihaknya segera menyusun manual liga untuk memperjelas aturan main bagi klub dalam melakukan perekrutan pemain asing.
"Kami akan menyusun manual liga untuk regulasi baru ini, bahkan kami juga akan merumuskan standarisasi bagi pemain-pemain Asia yang bisa tampil di Indonesia," kata Joko kepada wartawan di Hotel Yasmin, kemarin.
Khusus untuk Persipura, dirinya mengatakan mau tidak mau, dua pemain asing harus keluar dari tim, pasalnya ini sudah menjadi aturan AFC.
”Hanya tiga diantara lima pemain tersebut hanya bisa dipertahankan,”jelasnya.
Kata pria berkacamata ini, ada tiga pertimbangan soal perubahan regulasi pemain impor ini. Pertama adalah masalah bisnis, pasalnya AFC berharap akan ada juga sponsor dari Asia yang bisa menyentuh sepak bola Asia, aspek lain adalah pembinaan terhadap pemain Asia, dimana pemain bisa tampil di negara Asia lainnya, sehingga memiliki jam terbang yang lebih tinggi.
”Kita kan bangga jika Boaz Solosa bisa bermain di Hongkong, begitu juga dengan Ian Kabes bermain di Thailand, yang bangga kan Indonesia dan Papua,”paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar