Rabu, 20 Mei 2009

Persib Buka Peluang Ke pentas Asia

Persib Bandung membuka peluang untuk merebut posisi runner up di klasemen akhir Liga Super Indonesia usai menundukkan tamunya Persiwa Wamena dengan skor 2-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (20/5).

Kini tim besutan Jaya Hartono itu naik satu tingkat ke posisi ketiga menggeser Sriwijaya FC, dengan mengemas 57 poin dari 29 pertandingan. Meski kalah, Persiwa masih tetap di posisi runner up dengan raihan 60 angka, namun mereka sudah memainkan 31 pertandingan.

Pertarungan penuh gengsi untuk memperebutkan posisi tersebut sekaligus menjadi duta Indonesia di pentas internasional menemani sang juara Persipura Jayapura, membuat tempo permainan berjalan cepat.

Baru lima menit pertandingan berjalan, seisi stadion yang dipenuhi The Viking gegap gempita saat Hilton Moriera mencetak gol ke gawang Persiwa yang dikawal Timotius Mote. Berawal dari umpan silang gelandang sayap Atep, dengan sempurna Hilton menanduk bola dengan keras.

Tertinggal satu gol Persiwa coba membalas. Dua menit sebelum turun minum sebuah sepakan Boakay Eddie Foday masih sedikit melebar di sisi kanan gawang Persib yang dikawal Tema Mursadat.

Di babak kedua, pelatih Persiwa, Suharno, melakukan beberapa pergantian pemain dengan memasukkan Yohanes Kabagaimu dan Alberto Mambramsar. Terbukti, pergantian ini membuat tuan rumah sedikit kerepotan dengan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan tim tamu. Dua kali Erick Weeks Lewis mampu membuat peluang di menit ke-50 dan 59 melalui tendangan voli dan firs time-nya, namun belum menemui hasil.

Terlalu asyik menyerang, Persiwa lupa pertahanan. Pada menit ke-72, gawang mereka kembali bobol setelah pergerakan menyisir di sisi kiri oleh Lorenzo Cabanas, dengan bebas pemain asal Paraguay itu melepaskan umpan yang langsung disambut Gonzales dengan sundulan. Gol itu menjadi yang ke-22 musim ini, terpaut tiga gol dari pimpinan top skor sementara, Boas Salossa yang pada saat bersamaan mencetak hattrick ke gawang Persitara Jakarta Utara.

Hingga wasit asal Tangerang, MH Olehadi, meniup peluit panjang, skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan "Maung Bandung". Kemenangan ini sekaligus membalaskan dendam Persib saat di pertemuan pertama Agustus lalu, mereka takluk 1-3.

Di laga berikut, Persib akan bertandang ke markas Persijap Jepara pada 27 Mei mendatang. Sementara itu, Persiwa dijamu Persitara pada 23 Mei.

Susunan Pemain:

Persib: Tema, Maman, Nova, Nyeck, Eka, Atep, Gilang, Suwita/Hariono (71), Cabanas/Airlangga (86), Hilton, Gonzales.

Persiwa: Timotus Mote, Ok Jhon, Yesaya, Tarik Caqui, Habel Satya, Padwa/Kabagaimu (57), Weeks, Isak Konon/Mambrasar (60), Peter Roumaropen, Boakay, Barkaoui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar