Jumat, 15 Mei 2009

Persik v Persib : Awas Tergelincir!

Awas Tergelincir! Peluang Persib Bandung meraih juara Djarum Indonesia Super League (DISL) 2008/2009 belum tertutup. Syaratnya, Maung Bandung -julukan Persib- harus bisa menyapu bersih kemenangan pada laga sisa, baik di kandang atau tandang.

Saat ini, Persib berada di posisi keempat dengan 54 poin dari 27 pertandingan. Sementara, pemuncak klasemen, Persipura Jayapura, sudah turun lapangan 30 kali dengan koleksi poin 70.

Tergelincir satu laga saja, Persib harus melupakan mimpi mengangkat trofi juara. Nah, tantangan terberat untuk memetik kemenangan tentu saat bertandang ke markas lawan. Salah satunya, melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, malam ini (siaran langsung Antv mulai pukul 19.00 WIB).

Meraup poin penuh dalam laga tersebut bukan merupakan hal yang mudah. Macan Putih -julukan Persik- dikenal sebagai jago kandang. Belum ada tamu yang memetik kemenangan di Kota Tahu itu. Meski, malam ini beberapa pilar pemain Persik absen, tapi Persib tetap waspada. Persik tetap tim kuat. Mereka tidak akan terpengaruh (dengan absennya beberapa pemain, Red)," kata Jaya Hartono, pelatih Persib, kemarin (15/5).

Arsitek tim yang membawa Persik juara Ligina 2003 itu menjelaskan, stabilnya performa Persik meski hanya dengan satu pemain asing adalah bukti nyata kekuatan tersebut. Tim-tim kuat juga sudah mereka kalahnya," pujinya.

Namun, Jaya menegaskan bahwa timnya tidak akan menyerah. Mereka juga mengincar poin agar bisa menyalip Sriwijaya FC (SFC) Palembang untuk menduduki peringkat tiga klasemen sementara, sebelum melangkah berpikir juara.

Caranya, dengan menurunkan tim terbaik. Termasuk penyerang asal Uruguay yang pada putaran pertama berkostum Persik, Christian Gonzalez. Kemarin merupakan kali pertama dia berlatih di Stadion Brawijaya setelah hengkang dari Kediri. Gonzalez bisa diturunkan, tidak ada masalah," jelasnya.

Donasi tiga angka juga punya arti penting bagi Persik. Anak asuh Aji Santoso tersebut ingin kembali menembus papan atas.

Sayang, Persik akan tampil dengan kondisi compang-camping. Tiga pemain kunci hampir dipastikan tidak bisa turun. Dua pilar lain dalam kondisi yang kurang fit. Ini ujian bagi kami," tegas Aji mengomentari kemungkinan Ahmad Kurniawan, Ronald Fagundes, Hamka Hamzah, dan Legimin Raharjo yang bakal absen karena cedera.

Tapi, Aji tak surut langkah. Absen atau tak fitnya para pemain tersebut tidak menjadi halangan bagi tim besutannya untuk tetap berupaya meraih poin sempurna di kandang sendiri. Ini sepak bola, tak ada yang tak mungkin, tegas pelatih yang dikenal kutu buku itu.

Dengan kekuatan yang ada saat ini, pelatih asal Malang itu yakin bahwa timnya masih bisa berbuat banyak. Termasuk membalas kekalahan 1-3 atas lawan yang sama di putaran pertama lalu (kala itu pertandingan dimainkan di Stadion Manahan, Solo). Kami tetap yakin bisa menang. Apalagi, akan ada Persikmania yang mendukung kami," lanjutnya.

Absennya Saktiawan tampaknya membuat Aji menurunkan duet Yongky-Indriarto Nugroho. Tidak mustahil juga pemain Persik U-21 Aan Kancil Pradipta diturunkan. Sebab, sejak beberapa hari lalu dia dipersiapkan dalam latihan.

Kemungkinan tidak hadirnya Fagundes akibat cedera tumit bisa jadi akan diserep pemain muda, Fadil Sausu. Bisa juga dia digantikan gelandang asli Kediri, Agus Susanto, yang dalam beberapa pertandingan terakhir jarang ditampilkan. Memang, masih ada kemungkinan Fagundes ditampilkan, walau tidak penuh.

Di bawah mistar gawang, pelatih bertangan dingin itu bisa memasang Wahyudi sebagai pengganti AK (panggilan Ahmad Kurniawan, Red). Pilihan mencadangkan AK memang mengemuka, mengingat kondisinya yang kurang prima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar