Selasa, 21 April 2009

Sriwijaya Kembali Dipukul Gamba

Sriwijaya FC kembali keok di tangan Gamba Osaka dalam pertemuan kedua mereka di Liga Champions Asia. Kalah 0-5 di Osaka, Laskar Wong Kito kali ini takluk 0-3 di Palembang.

Bertanding di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sriwijaya justru mendapat tekanan sejak menit pertama. Gamba yang berstatus juara bertahan LCA langsung menekan gawang Sriwijaya FC yang dijaga Dede Sulaiman. Tercatat tiga tembakan berbahaya mengarah ke gawang Dede di empat menit pertama.

Setelah itu, Sriwijaya mencoba melepaskan diri dari tekanan melalui serangan balik. Namun peluang yang mereka dapat pada menit keenam terlalu buru-buru diselesaikan Ngon A Djam.

Pada menit ke-11, giliran tendangan keras pemain nasional Jepang Yasuhito Endo membentur tiang kanan gawang Sriwijaya FC. Ngon mencoba mengancam balik gawang Gamba di menit 17 tetapi karena ketidaksabarannya, tendangannya terlalu lemah.

Gamba kemudian memiliki sejumlah peluang baik dari Endo maupun tandukan striker Masato Yamazaki pada menit ke-25 yang membentur tiang gawang.

Pasukan Akira Nishino itu mampu menjebol gawang Sriwijaya untuk pertama kali pada menit ke-30 melalui sepakan keras Leandro dari sudut kanan Dede Sulaiman, setelah dia lolos dari jebakan off-side menerima umpan jauh.

Tertinggal 0-1, para pemain Sriwijaya mencoba menekan melalui Keith Kayamba Gumbs, Ngon A Djam serta Zah Rahan. Tendangan keras Zah Rahan pada menit ke-43 tidak menemui sasaran.

Pada masa injury time, Gamba memperbesar keunggulan melalui Hayato Sasaki. Berawal dari tendangan Yamazaki yang membentur mistar, Sasaki berhasil menyikat bola rebound dengan tendangan kerasnya.

Pada babak kedua, Sriwijaya bermain lebih terbuka. Sementara di kubu Gamba, pelatih Nishino menarik keluar Leandro dan memasukan striker asal Korea Selatan, Cho Jae-jin. Endo juga digantikan dengan memasukan Tomokazu Myojin. Ditariknya dua pemain ini membuat Sriwijaya bisa lebih banyak menekan.

Pada menit ke-57, Zah Rahan menembak tipis di atas gawang Gamba. Sementara sontekan Ngon pada menit ke-63 mampu diantisipasi kiper Naoki Matsuyo.

Gamba lantas mencetak gol penutup melalui Cho Jae-jin pada menit 75 setelah lolos dari jebakan off-side. Skor 3-0 ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Dengan kekalahan ini Sriwijaya menjadi penghuni dasar Grup F tanpa satu pun poin. Sedangkan Gamba kian kokoh di puncak dengan 12 poin.

Susunan Pemain:
Sriwijaya FC: Dede Sulaiman, Marthen Christian Worabay (Amirul Mukmimin, 87'), Isnan Ali, Sulaiman Alamsyah Nasution, Syafrudin (M Nasuha, 69), Charis Yulianto, Tony Sucipto, Zah Rahan Krangar, Mohammad Mauly Lessi, Keith Gumbs, Ngon A Djam.

Gamba Osaka: Naoki Matsuyo, Takahiro Shimohira, Sota Nakazawa, Satoshi Yamaguchi, Yasuhito Endo (Tomokazu Myojin, 63'), Shinichi Terada, Michihiro Yasuda, Hayato Sasaki, Hideo Hashimoto, Montera Leandro (Cho Jae-jin, 46'), Masato Yamazaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar