Rabu, 29 April 2009

Persita vs Persipura : Bisa JAdi Pengganjal

Ketenangan Persipura Jayapura bakal terusik. Penguasa klasemen sementara Djarum Indonesia Super League (DISL) tersebut akan mendapat perlawanan dari Persita Tangerang pada pertandingan di Stadion Siliwangi, Bandung, malam ini (siaran langsung antv mulai pukul 19.00 WIB).

Bahkan, Pendekar Cisadane -julukan Persita- bakal tampil habis-habisan guna meraih tiga poin. Sebab, status Persita adalah tuan rumah. Maman dkk gagal tampil di Tangerang karena Stadion Benteng, markas Persita, tidak lolos verifikasi dari Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI).

Tambahan tiga angka juga penting bagi Persita agar selamat dari jurang degradasi. Saat ini, Persita tercecer di zona playoff degradasi dengan 24 angka dari 26 laga. "Kami tak silau dengan posisi Persipura saat ini. Peringkat juga bukan ukuran. Sampai sekarang, saya masih memegang falsafah bahwa bola itu bundar," kata Zaenal Abidin, pelatih Persita, kemarin (29/4).

Namun, dia tak membiarkan skuadnya bermain begitu saja alias mengandalkan faktor keberuntungan. Arsitek tim pengganti Agus Suparman tersebut tetap akan meracik strategi jitu untuk mewujudkan ambisi menyelamatkan Persita dari terjangan zona degradasi dan jadi ganjalan laju Persipura menuju tangga juara.

Salah satunya, memodifikasi skema. Rencananya, pada babak pertama, dipakai pola andalan 3-3-3-1. Pola itu memang masuk strategi bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik untuk menyerang. Skema tersebut dipilih karena Zaenal perlu mengenalkan diri dengan permainan teranyar skuad Jacksen F. Tiago itu.

Setelah kondisi dapat dikendalikan, pada babak kedua akan gunakan pola 3-5-2 untuk lebih menekan. Meski telah menyiapkan strategi, Zaenal tetap meminta anak asuhnya waspada. Terutama saat menghadapi kedahsyatan trio Persipura, Alberto "Beto" Goncalves, Ernest Jeremiah, Boaz Solossa. Menurut Zaenal, mereka memiliki kecepatan dan pandai membuka celah.

Dia pun telah meminta Supriyadi untuk mengawal Boaz. Beto akan dipegang Bruno Casimir atau Sunar Sulaiman. Cucu Hidayat atau Yulian Hontong diminta berkonsentrasi ke Ernest Jeremiah. "Sebab, pergerakan Ernest sering lebih ke tengah," ujarnya.

Terpisah, arsitek Persipura Jaksen F. Tiago menyatakan, kendati lawan yang bakal dihadapi adalah tim papan bawah, dia tak mau menganggap enteng. Dia tetap mengintruksi skuadnya berkonsentrasi penuh dalam pertandingan. "Kami tahu Persita butuh poin. Karena itu, kami harus tetap waspada agar langkah kami menjadi juara tidak terganjal," kata Jeckson.

PERKIRAAN PEMAIN

Persita (3-3-3-1): 17-Wawan Hendrawan (g), 44-Bruno Casimir, 4-Sunar Sulaiman, 27-Supriyadi, 3-Kerry Yudiono, 18-Maman (k), 20-Cucu Hidayat, 14-Yulian Hontong, 24-Nicolas Djone, 26-Cristian Bekatal, 99-Adolfo de Souza.

Persipura (4-4-2): 77-Jendry Pitoy (g); 14-Jack Comboy, 45-Paulin Bhio, 26-Ortizans Solossa, 4- Ricardo Salampessy; 11-Imanuel Wanggai, 10-Eduard Ivakdalam (k), 32- Igbonefo, 12-Ernest Jeremiah, 9- Alberto Goncalves, 86-Boaz Solossa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar