Sabtu, 18 April 2009

Persiba Balikpapan v Arema Malang 2-1



Arema gagal meraih poin pada pertandingan away di kandang Persiba Balikpapan setelah harus mengakui keunggulan tuan rumah 1-2 (1-1). Gol Persiba dicetak oleh Gaston Castano dan penalti striker timnas TA. Musafri. Arema mampu menyamakan kedudukan melalui Roman Chmelo menjelang akhir babak pertama, namun kartu merah yang diterima Alexander Pulalo dan hukuman penalti memupus harapan Arema untuk meraih poin di kandang Persiba.

Menit per menit match report Persiba Balikpapan vs Arema Malang live dari Stadion Persiba Balikpapan via Ongisnade.net

Starting line up Arema:
32-Dadang Sudrajat, 6-Suroso, 24-Richie Pravita Hari, 2-Alexander Pulalo (c), 25-Erik Setiawan, 5-Fandi Mochtar, 27-Ahmad Sembiring, 22-Roman Chmelo, 14-Arif Suyono, 10-Fortune Udo, 55-Buston Browne
cadangan: 21-Kurnia Meiga, 16-Achmad Jufriyanto, 19-Beni Wahyudi, 4-Hendra Ridwan, 11-Ahmad Bustomi, 9-Dendi Santoso, 13-Patricio Morales

Pre Match
Aremania yang hadir langsung di Stadion Persiba Balikpapan menempati tribun c di belakang gawang, Aremania berangkat dengan satu truk, dua mobil pribadi, dan puluhan kendaraan pribadi. Aremania hanya diberi kuota 200 karena bila tidak diberi kuota bisa jadi seluruh stadion akan dipenuhi Aremania.

Gusnul Yakin memainkan Richie Pravita Hari yang baru pulang dari timnas U23 untuk menggantikan stopper Boubacar Keita yang mengalami cedera pinggang. Striker Buston Browne juga dimainkan sejak menit awal untuk pertama kalinya sejak direkrut Arema awal Maret lalu.

Match Report
Menit ke 1′ - Kick off. Arema yang berkostum merah-merah langsung melakukan serangan dari sayap kiri melalui Erik Setiawan, namun masih dimentahkan Jufri Samad. Arema memperoleh tendangan bebas pertama setelah Roman Chmelo dilanggar pada menit ke dua, tendangan bebas Arif Suyono yang pendek ke depan masih belum memberi peluang berarti bagi Arema.

6′ - Striker asing Arema yang baru pada pertandingan ini dimainkan sebagai starter, Buston Browne, tampil cukup rajin dengan mengejar bola hingga ke tengah lapangan. Kerjasama Buston dengan Roman setelah menghalau bola serangan Persiba hampir membuka peluang bagi Arema namun masih dapat dihalau lini belakang Persiba.

7′ - Tendangan kaki kiri Buston Browne setelah melakukan kontrol bola di dalam kotak penalti Persiba masih melebar di sisi kiri gawang Deni Marshel.

10′ - Arema memperoleh peluang emas melalui Roman Chmelo. Setelah lepas dari kawalan pemain belakang Persiba, tendangan keras pemain asal Slovakia tersebut dari dalam kotak penalti hanya membentur tiang kanan gawang Persiba.

15′ - Arema terus memberi tekanan ke pertahanan Persiba. Ahmad Sembiring melepaskan tendangan jarak jauh yang masih melebar dari gawang Persiba. Sesaat kemudian Udo Fortune harus menerima perawatan setelah berbenturan dengan pemain belakang Persiba. Pelatih Gusnul Yakin terus memberi instruksi kepada pemain-pemainnya.

17′ - Persiba mencoba keluar dari tekanan Arema memanfaatkan kecepatan TA. Musafri. Tendangan penjuru pertama bagi Persiba oleh Gaston Castano masih mampu diamankan oleh Richie Pravita Hari.

18′ - Buston Browne dengan cepat melakukan serangan balik namun dilanggar oleh Jufri Samad. Tendangan bebas Roman Chmelo dari sisi kanan pertahanan Persiba mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Persiba yang juga pernah memperkuat Arema, Deni Marshel.

19′ - GOL PERSIBA 1-0 (Gaston Castano)
Persiba membuka skor melalui tendangan kaki kiri Gaston Castano setelah lepas dari kawalan lini belakang Arema.

24′ - Pelatih Arema Gusnul Yakin melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar striker Buston Browne dan memasukkan Patricio “Pato” Morales.

25′ - Serangan cepat dari Persiba kembali mengancam Arema setelah Musafri yang memanfaatkan bola lepas dari Suroso bekerja sama dengan Gaston Castano diakhiri dengan tendangan keras Robbie Gaspar.

29′ - Arema memperoleh peluang melalui tendangan bebas Roman Chmelo dari sisi kiri pertahanan Persiba. Tendangan Roman Chmelo mampu diantisipasi Deni Marshel yang harus berjibaku dengan Fandi Mochtar.

33′ - Patricio Morales terjatuh di kotak penalti Persiba namun wasit menilai bukan pelanggaran. Arema kembali memperoleh peluang melalui Arif Suyono yang memberi umpan matang kepada Patricio Morales, tetapi Deni Marshel dengan cekatan mengantisipasi serangan Arema.

36′ - Alexander Pulalo mentackling TA Musafri hingga terjatuh di kotak penalti Arema namun tidak menghasilkan penalti, Arema yang melakukan serangan balik kembali mentah di lini belakang Persiba.

37′ - Kartu kuning pertama bagi Arema untuk Alexander Pulalo setelah menarik TA Musafri. Tendangan bebas Persiba hampir menghasilkan gol bila Musafri tidak telat melakukan heading di depan gawang Dadang Sudrajat.

41′ - GOL AREMA 1-1 (Roman Chmelo)
Umpan terukur Patricio Morales dari sisi kanan pertahanan Persiba masih mampu diantisipasi lini belakang Persiba, namun Fortuno Udo dengan cerdik memberikan bola kepada Roman Chmelo yang dengan satu sentuhan menempatkan bola di sudut gawang Persiba dan merubah kedudukan menjadi 1-1.

42′ - Arema harus bermain dengan sepuluh pemain karena kapten Alexander Pulalo terkena kartu merah setelah menerima kartu kuning kedua karena dianggap secara sengaja menyentuh bola.

45′ - Hingga wasit babak pertama usai skor tetap bertahan 1-1. Sementara itu dari tribun penonton terjadi sedikit ketegangan setelah polisi mengamankan satu pendukung Persiba yang terlihat berdarah-darah usai terlibat insiden di belakang gawang.

46′ - Persiba membuka peluang di babak kedua melalui tendangan bebas Robbie Gaspar tidak jauh dari depan kotak penalti Arema. Tendangan pemain asal Australia tersebut masih melambung tipis di atas gawang Dadang Sudrajat.

54′ - Fortune Udo hampir mencetak gol ke gawang Persiba ketika memanfaatkan bola liar hasil Deni Marshel yang mencoba menghalau bola dengan keluar dari sarangnya, sayangnya Fortune gagal memasukkan bola ke gawang yang telah kosong. Selang semenit kemudian, Arif Suyono menerima kartu kuning setelah melanggar salah atu pemain Persiba.

55′ - Aremania yang mendukung di belakang gawang, termasuk Yuli Sumpil, kocar-kacir setelah diserang sejumlah oknum suporter Persiba.

65′ - Patricio Morales dipukul oleh Jufri Samad di depan assiten wasit II namun pemain belakang Persiba itu tidak diganjar kartu merah. Sempat terjadi keributan antara pemain namun pertandingan dilanjutkan kembali.

68′ - Gaston Castano ditarik keluar oleh pelatih Daniel Rukito dan digantikan oleh M. Rifki. Tidak lama kemudian M. Rifki diganjar kartu kuning karena melanggar Roman Chmelo. Dari skema permainan Arema, Udo Fortune lebih bermain ke dalam setelah Arema kehilangan Alexander Pulalo di akhir babak ke dua.

72′ - Kerja sama yang baik di antara pemain Arema, Roman memberi umpan matang kepada Arif Suyono yang muncul dari belakang namun kiper Persiba Deni Marshel keluar dan menabrak Arif Suyono, wasit tidak memberi penalti tetapi hanya tendangan penjuru bagi Arema. Tendangan sudut dari Roman Chmelo mampu dipotong oleh Deni Marshel. Arema melakukan pergantian pemain Arif Suyono digantikan Hendra Ridwan.

75′ - Satu pemain Arema kembali memperoleh kartu kuning, yaitu bek kiri Erik Setiawan. Persiba memperoleh penalti setelah tangan dari Ahmad Sembiring dianggap menyentuh bola. Anehnya, wasit meniup peluit cukup terlambat, yaitu setelah penonton berteriak-teriak mengklaim penalti. Dari pengamatan Ongisnade.net, tangan Ahmad Sembiring tidak berada pada posisi aktif ketika bola mengenai tangan. Sebuah penalti yang debatable.

77′ - GOL PERSIBA 2-1 (Musafri, pen)
Tendangan penalti kaki kanan Musafri mengarah ke sisi kiri gawang Arema ketika Dadang Sudrajat salah mengantisipasi bola ke arah kanan.

82′ - Arema mencoba mengejar ketertinggalan melalui Patricio Morales yang terus dikawal ketat Jufri Samad, umpan Pato kepada Ahmad Sembiring diselesaikan dengan tendangan keras yang melambung keluar stadion yang dari segi infrastruktur tidak layak untuk menggelar pertandingan Liga Super Indonesia ini.

87′ - Dendi Santoso yang baru masuk cukup membantu serangan-serangan Arema. Sepanjang menit-menit sisa pertandingan, Arema terus mencoba mengurung pertahanan Persiba melalui umpan-umpan Roman Chmelo.

90′ - Tiga menit perpanjangan waktu. Ketika Arema memperoleh tendangan penjuru, Dadang Sudrajat ikut maju membantu ke kotak penalti Persiba, namun bola crossing Roman Chmelo masih dapat diansipasi Deni Marshel.

90+3′ - Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap bertahan 2-1 untuk keunggulan Persiba Balikpapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar