Senin, 13 April 2009

PSSI Skorsing Budi 3 Pertandingan

Budi SudarsonoBudi Sudarsono dipastikan tidak bisa memperkuat Sriwijaya FC dalam tiga pertandingan ke depan. EdEAksi tak sportif Budi di leg 2 babak 16 besar Copa Indonesia 2009 diganjar skorsing oleh PSSI.

Di leg 2, Sriwijaya berhadapan dengan tuan rumah Persib Banding di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Minggu 12 April 2009. Pada pertandingan ini, Budi harus diusir ke luar lapangan karena mendapat dua kartu kuning.

Kartu kuning kedua diterimanya pada menit ke-87 karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain Persib, Salim Alaydrus. Bahkan akibat pelanggaran itu, keduanya nyaris terlibat baku pukul.

"Budi telah melakukan tindakan yang tidak sportif. Karena itu, secara otomatis hukuman yang dulu pernah dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI efektif berlaku," kata Nugraha Besoes, Sekretaris Jenderal PSSI, saat dihubungi VIVAnews, Senin 13 April 2009.

Budi memang masih menyisakan "bom waktu" pada perjalanan karirnya musim ini. November 2008 lalu, Budi yang masih memperkuat Persik Kediri divonis oleh Komdis PSSI dengan larangan tiga kali tampil plus denda Rp 50 juta.

Hukuman itu diberikan karena Budi terbukti melakukan pemukulan terhadap pemain belakang PSMS Medan. Kejadian itu terjadi saat PSMS bertandang ke markas Persik, Stadion Brawijaya, 27 Oktober 2008.

Namun di tangan Komisi Banding (Komding) PSSI, hukuman itu kembali berubah. Budi tak perlu menjalani larangan tiga kali pertandingan. Dia hanya diberi hukuman percobaan selama setahun, tapi tetap membayar denda Rp 50 juta.

Meski demikian, hukuman percobaan ini bukan tanpa ketentuan. Ketua Komding PSSI, Rusdy Taher, usai sidang menyebut hukuman dari Komdis PSSI akan berlaku efektif bila dalam kurun waktu setahun ke depan, Budi kedapatan melakukan pelanggaran terhadap Kode Disiplin.

"Saya tidak tahu berapa lama hukumannya. Biar BLI yang nanti menerbitkannya," tandas Nugraha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar