Sabtu, 11 April 2009

Sriwijaya BIDIK Sergio van Dijk


TERCAPAI atau tidak, Sriwijaya FC mulai menginventarisir para pemain Belanda berdarah Indonesia. Selain Sergio van Dijk, ada 6 lagi yang dimasukkan dalam daftar belanja pemain proyeksi Djarum Indonesia Super League (DISL) edisi ke-2, yang bergulir pekan ketiga Agustus 2009.

Bahkan, Dirut PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Dodi Reza Alex, terus mencari profil (termasuk statistika) para pemain tersebut. Mereka adalah Jason Oost, Leroy Resodihardjo, Irfan Bachdim, John van Beukering, Jordao Pattinama dan Edinho Pattinama. "Kami akan ajukan nama-nama ini pada coach Rahmad Darmawan (pelatih Sriwijaya, red)," ungkap Dodi Reza Alex, kemarin (10/4).

Rahmad sendiri sangar respek. Menurut pelatih 42 tahun, itu kabar bagus jika ada yang bergabung dengan Sriwijaya. "Saya sudah mendengar cerita pemain Belanda keturunan Indonesia. Kabarnya mereka punya paspor Indonesia. Berarti, mereka itu bisa bermain di Indonesia," ungkap Rahmad Darmawan.

Namun, pelatih asal Metro (Lampung) sedikit khawatir proyeksi tersebut akan terealisasi. Sebab, kemungkinan besar tetap akan dapat ganjalan. Dia mencontohkan kasus Antonio "Toyo" Claudio, eks pemain Persib asal Brasil.

Dia sudah lebih dari lima tahun bermain di Indonesia. Berkeinginan besar menjadi warga negara Indonesia (WNI). Tapi, menemui jalan buntu. Terakhir, ada Christian Gonzales. Namun, belum bisa menjadi WNI. "Tapi, kalau pemain keturunan Indonesia, apalagi yang memiliki paspor Indonesia, saya pikir itu bukan masalah," lanjut pelatih double winners.

DISL edisi II, Rahmad Darmawan menjadi rencana utama PT SOM untuk dipertahankan. Dia di beri kebebasan meracik tim. Inventarisir pemain keturunan yang dilakukan PT SOM, memberi angin segar untuk berburu trofi musim depan.

Namun, ayah dua anak tetap akan selektif. Sebab, belum tentu 7 pemain keturunan Indonesia langsung "nyetel" dengan cuaca dan kompetisi DISL sendiri. "Pasti berbeda bermain di Eropa dengan Indonesia. Di Eropa, mereka terbiasa bermain dicuaca dingin. Jadi, tidak sembarang. Belum tentu mereka cocok di Indonesia yang beriklim tropis," pungkasnya.

Sebenarnya, tak hanya pesepak bola keturunan Indonesia saja yang bisa sukses di Belanda. Ada juga orang Indonesia yang cemerlang sebagai pelatih di Eredivisie (liga utama Belanda), edisi 2007/2008.

Dia adalah Andre Wetsel. Pria kelahiran Surabaya, 56 tahun silam adalah VVV-Venlo, klub promosi musim ini. Padahal, 13 tahun terakhir, VVV-Venlo hanya tim kecil. Catatan penting, Venlo satu-satunya klub baru yang sukses menahan imbang The Big Three (PSV, Ajax dan Feyenoord). Masing-masing 1-1,2-2, dan 0-0. (mg2)


Grafis
-------

Nama : Sergio van Dijk
Lahir : Assen (Belanda), 6/8/82
Posisi : Striker
Postur : 185cm/75kg
Klub : Queenslans Roar


Nama : Jason Oost
Lahir : Den Haag (Belanda), 10/10/82
Posisi : Striker
Postur : 186cm/81kg
Klub : De Graafschap

Nama : Leroy Resodiharjo
Lahir : Leidschendam (Belanda), 4/3/87
Posisi : Midfielder
Postur : 184cm/75kg
Klub : ADO Den Haag

Nama : Irfan Bachdim
Lahir : Amsterdam (Belanda), 8/11/88
Posisi : Midfielder
Postur : 172cm/65kg
Klub : FC Ultrecht

Nama : John van Beukering
Lahir : Velp (Belanda), 29/9/83
Posisi : Striker
Postur : 179cm/81kg
Klub : Nijmegen

Nama : Jordao Pattinama
Lahir : Den Haag (Belanda), 1/3/89
Posisi : Midfielder
Postur : 185cm/74kg
Klub : Feyenoord

Nama : Edinho Pattinama
Lahir : Den Haag (Belanda), 1/3/89
Posisi : Midfielder
Postur : 185cm/74kg
Klub : NAC Breda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar