Selasa, 07 April 2009

Alex-Udo Kejutkan Gusnul


Alex-Udo Kejutkan Gusnul Jangan pernah sepelekan usia. Terbukti, meski sudah tidak muda lagi untuk ukuran pesepak bola Indonesia, Alexander Pulalo, 35, masih yang terbaik di antara rekan-rekannya di Arema yang lebih muda.

Itu terlihat saat Singo Edan, julukan Arema, menjalani training center (TC/pemusatan latihan, Red) tes ketahanan fisik melalui cross country di Selorejo kemarin (7/8). Bersama Fortune Udo, pemain asing asal Nigeria, Alex -sapaan karib Alexander- mengungguli pemain-pemain Arema lainnya.

Catatan terbaik Udo dan Alex adalah saat menempuh lari sepanjang 5,1 kilometer yang terbagi dalam tiga kali putaran sekitar 25 menit. Dengan demikian, rata-rata 8 menit per putaran. Itu berbeda dengan pemain lainnya yang rata-rata menempuh waktu sekitar 9-11 menit per putaran.

"Kecepatan serta daya tahan Alex dan Udo memang paling bagus dibandingkan pemain lainnya," ujar Gusnul Yakin, pelatih Arema, setelah memimpin TC di Selorejo kemarin.

Hasil kecepatan dan daya tahan Alex dan Udo tersebut cukup mengejutkan Gusnul. Itu menilik usia Alex yang sudah tidak muda lagi. Usianya sudah menyentuh angka 35 tahun. Udo adalah pemain asing asal Nigeria yang baru bergabung dengan Arema sejak awal putaran dua kompetisi Djarum Indonesia Super League (DISL). Tetapi, keduanya mampu menunjukkan bahwa kondisi fisiknya masih bagus.

Bagaimana kondisi fisik pemain lainnya? Gusnul mengatakan, untuk fisik pemain lainnya, nilainya nyaris sama. Hanya, yang paling menonjol jelek adalah dua kiper, yaitu M. Yasir dan Dadang Sudrajat.

Meski demikian, lemahnya fisik dua kiper tim berlogo kepala singa itu dinilai wajar. Dua pemain tersebut memang hanya bertugas menjaga gawang. Dengan demikian, mereka tidak terlalu butuh forsir tenaga. Meski demikian, keduanya tetap akan menjalani beberapa latihan untuk meningkatkan stamina agar bisa tampil prima sepanjang 90 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar