Sabtu, 27 Juni 2009

Final Copa : Hadapi Persipura , Sriwijaya Underdog


Pelatih Sriwijaya FC (SFC), Rahmad Darmawan terus membakar semangat pemain-pemainnya jelang duel kontra Persipura di final Copa Indonesia 2008/2009, Minggu, 28 Juni 2009. Mantan pelatih Persipura itu menjadikan kegagalan di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 sebagai cambuk bagi pemain-pemainnya untuk tampil lebih baik lagi.

"Dalam pertandingan ini kami boleh dikatakan sebagai tim underdog karena akan berhadapan dengan juara Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. Semangat ini yang saya suntikkan ke anak-anak," kata pelatih yang akrab disapa RD itu saat dihubungi VIVAnews, Sabtu, 28 Juni 2009.

Menurut Rahmad, biasanya pemain-pemain akan lebih termotivasi bila berhadapan dengan tim juara. Hal itu terlah mereka rasakan saat tampil di LSI 2008/2009. Sebagai pemegang gelar Liga Indonesia 2007/2008, SFC selalu mendapat tantangan berat dari tim-tim lain utamanya yang berada di papan bawah.

"Ini yang akan coba saya balikkan. Saat kami berada di posisi underdog, pemain akan tampil lebih bersemangat untuk mengalahkan juara LSI 2008/2009," kata Rahmad.

Namun tak mudah bagi SFC untuk mengalahkan Persupura. Pasalnya, dalam dua pertemuan terakhir di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009, SFC tidak bisa menang lawan Persipura.

Pada pertemuan pertama di awal musim, SFC berhasil ditahan imbang Persipura 2-2 saat tampil di Stadion Jakabaring, Palembang. Sedangkan pada pertemuan berikutnya, Persipura justru membantai Laskar Wong Kito, 4-1 di Stadion Mandala, Jayapura.

Tak hanya itu. Di final nanti, SFC juga harus kehilangan Isnan Ali karena akumulasi kartu. Rahmad tidak mau menyerah. Pelatih yang juga pernah menangani Persija Jakarta itu akan menempatkan M Nasuha atau Slamet Riyadi di posisi tersebut.

"Intinya, saya menyiapkan strategi terbaik untuk mengalahkan Persipura sekaligus mempertahankan gelar Copa Indonesia,” jawab kata Rahmad yang sukses mengantarkan Persipura menjuarai Liga Indonesia 2005.

Bagi SFC, kemenangan atas Persipura akan menambah panjang rekor yang sudah mereka ukir di sepakbola nasional. Selain menjadi tim pertama yang sukses mengawinkan gelar Copa Indonesia dan Liga Indonesia 2007/2008, kemenangan atas Persipura juga akan membuat SFC mampu menyamai rekor Arema sebagai tim yang sukses mempertahankan gelar dua tahun berturut-turut.

Prediksi Line Up
Sriwijaya FC (4-4-2)
Ferry Rotinsulu, Chrsitian Warobay, Joel Tsimi, Charis Yulianto, M Nasuha, Toni Sucipto, Zah Rahan, Wijay, Anoure Obiora, Ngon A Djam, Keith Kayamba Gumbs• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar